kamar-mandi1

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan mengenai kebersihannya. Ini dikarenakan tidak sedikit juga orang menilai keperibadian seseorang dilihat dari kamar mandi yang dimiliki di rumah. Kondisi kamar mandi yang bersih dapat memberikan kesan khusus bagi orang yang menggunakannya. Sebaliknya, kamar mandi kotor dapat membuat orang lain yang menggunakan akan menyimpulkan bahwa Anda termasuk orang yang pemalas.

Salah satu masalah yang timbul dari ruang satu ini yaitu masalah kamar mandi berbau. Kondisi kamar mandi yang bau, membuat orang merasa tidak nyaman berada di dalam kamar mandi. Penyebab dari kamar mandi bau, bisa dikarenakan campuran dari berbagai produk kecantikan seperti krim, shampo, sabun, dan lain sebagainya. Nah, yang membuat aroma semua ini dapat menimbulkan bau dikarenakan kamar mandi tidak memiliki ventilasi atau juga kamar mandi tidak rajin dibersihkan. Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki masalah pada kamar mandi karena bau, Anda bisa mengatasinya dengan tips berikut ini.

Pasang ventilasi udara

Tidak adanya cahaya dan udara dari luar bisa menjadi salah satu penyebab kamar mandi menjadi lembab. Kamar mandi yang lembab inilah yang akhirnya membuat ruang satu ini menjadi berbau. Yang membuat semua ini bisa terjadi dikarenakan kamar mandi tidak memiliki ventilasi udara, yang mana fungsinya untuk melakukan pertukaran udara dari dalam keluar. Jadi, pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang baik sebagai tempat di mana udara yang ada di dalam kamar mandi dapat keluar dan udara di luar dapat masuk dengan baik. Hindari menggunakan kaca saja saat ingin membuat kamar mandi karena dengan Anda hanya memasang kaca kecil pantulan cahaya saja yang akan masuk, tidak ada tempat untuk udara keluar masuk. Maka dari itu, pasang ventilasi udara yang jarang-jarang atau tidak dengan membuat jendela kecil yang nantinya dapat dibuka sehingga udara bisa keluar masuk.

Gunakann pewangi ruangan

Tips kedua untuk mengatasi bau di kamar mandi yang mudah yaitu dengan cara menggunakan pewangi ruangan. Anda bisa meletakan atau mengantungkan pewangi ruangan di dalam kamar mandi, tapi jangan pilih pewangi yang memiliki aroma menyengat. Pewangi dengan aroma menyengat akan membuat kamar mandi menjadi lebih berbau. Sebaiknya pilih pewangi ruangan yang alami dan menyegarkan untuk kamar mandi. Pemilihan pewangi ruangan yang cocok, pastinya kamar mandi menjadi segar dan tidak berbau, pewangi yang sebaiknya dipilih seperti qua atau eucalyptus.

Bersihkan secara teratur

Meskipun Anda telah memasang ventilasi udara yang baik dan menggunakan pewangi ruangan, jika kamar mandi jarang dibersihan pastinya akan bau. Oleh karena itu, selain Anda harus pasang ventilasi udara dan menggunakan pewangi ruangan, Anda juga harus membersihkan kamar mandi secara teratur.Bersihkan ruang satu ini setidaknya 1 minggu 3 kali agar bau tidak muncul dan membuat Anda merasa nyaman untuk berada di dalam kamar mandi.

Itulah tips agar kamar mandi Anda tidak bau. Akan tetapi, jika bau tak sedap muncul dari toilet, baking soda dapat menjadi bahan pilihan menghilangkan bau di toilet. Caranya cukup mudah, siram terlebih dahulu toilet, setelah itu beri secangkir baking solda kedalamnya. Biarkan terlebih dahulu untuk berapa menit atau tutup toilet setelah itu baru disiram dengan air. Semoga tips di atas bermanfaat buat Anda semua.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *